Operating System adalah sebuah program yang mengontrol eksekusi program aplikasi.
2.2 Operating System Objective
a. Kenyamanan
Membuat komputer lebih nyaman untuk digunakan
b. Efisiensi
Memungkinkan sumber daya sistem komputer untuk digunakan secara efisien
c. Kemampuan untuk berkembang
Izin pembangunan yang efektif, pengujian, dan pengenalan fungsi sistem baru tanpa mengganggu layanan
2.3 Struktur dari Komputer Sistem
2.4 Konsep Operating System
- proses
- alamat spasi
- arsip
- Input / Output
- perlindungan
- shell
- Harus memiliki th berikut:
- kenangan besar
- hardware perlindungan
- disk
- Virtual memory
Struktur monolitik - struktur dasar. Sebuah program utama yang memanggil prosedur pelayanan yang diminta.. Satu set prosedur pelayanan yang melaksanakan sistem panggilan.. Satu set prosedur utilitas yang membantu prosedur pelayanan.
2.6 Layered System
2.7 Kernel
Porsi sistem operasi yang ada di memori utama. Berisi fungsi yang paling sering digunakan-juga disebut nukleus.
2.8 Evolusi Sistem Operasi
a. Serial Processing
Tidak ada sistem operasi. Mesin dijalankan dari konsol dengan lampu layar dan switch toggle, perangkat input, dan printer. Pengaturan termasuk memuat compiler, program sumber, menyimpan program yang dikompilasi, dan pemuatan dan menghubungkan.
b. Sistem Batch System
Software yang mengontrol program yang sedang berjalan. Pekerjaan batch bersama-sama. Cabang Program kembali untuk memantau ketika selesai. Resident monitor dalam memori utama dan tersedia untuk eksekusi.
c. Job Control Language (JCL)
Khusus jenis bahasa pemrograman. Memberikan instruksi ke monitor, compiler apa yang digunakan, Data apa yang harus digunakan.
d. Uniprogramming
Processor harus menunggu I / O instruksi untuk menyelesaikan sebelum sebelumnya.
e. Multiprogramming
Ketika satu pekerjaan perlu menunggu I / O, prosesor dapat beralih keyang lain.
f. Time Sharing
Menggunakan multiprogramming untuk menangani beberapa pekerjaan interaktif. Waktu prosesor dibagi di antara beberapa pengguna. Beberapa pengguna secara bersamaan mengakses sistem melalui terminal
2.9 Proses
Sebuah program di eksekusi. Sebuah contoh dari sebuah program yang berjalan pada komputer
Entitas yang dapat ditugaskan untuk dan dijalankan pada prosesor. Sebuah unit aktivitas ditandai dengan benang berurutan tunggal eksekusi, keadaan saat ini, dan set yang terkait sumber daya sistem.
2.10 Virtual Memory
Memungkinkan programmer untuk mengatasi memori dari sudut pandang logis.
2.11 Scheduling dan Resource Management
a. Fairness
memberikan akses yang sama dan adil untuk semua proses
b. Different responsiveness
membedakan antara kelas yang berbeda dari pekerjaan
c. Effecient
memaksimalkan throughput, meminimalkan waktu respon, dan menampung banyak kegunaan mungkin
2.12 System Calls
Pemrograman antarmuka untuk layanan yang disediakan oleh OS
Biasanya ditulis dalam bahasa tingkat tinggi (C atau C ++)
Sebagian besar diakses oleh program melalui tingkat tinggi Application Program Interface (API) daripada menggunakan sistem panggilan langsung
Tiga API yang paling umum adalah API Win32 untuk Windows, POSIX API untuk sistem POSIX berbasis (termasuk hampir semua versi UNIX, Linux, dan Mac OS X), dan Jawa API untuk mesin virtual Java (JVM)
2.13 Tipe dari System Calls
•Process
control
•File
management
•Device
management
•Information
maintenance
•Communications
•Protection
Tidak ada komentar:
Posting Komentar